Mengatasi VGA Tidak Terdeteksi pada Laptop Dual Graphic

VGA Card tidak terdeteksi adalah masalah yang cukup serius bagi mereka yang baru membeli laptop dengan fitur dual grafik. Seperti saya sendiri yang belum pernah punya laptop dual grafik, masalah ini begitu menyulitkan saya karna saya membeli laptop dual grafik atau orang sering bilang dual vga ini untuk kepentingan gaming standar dan untuk aplikasi multimedia (Paint tool SAI, photoshop). Lalu saya mulai mencari di internet, dari kaskus sampe artikel review tentang laptop saya di amd-id.com saya baca dengan teliti semua komentar dan masalah-masalah yang ada pada Lenovo G40-45 AMD A8 saya ini.

Saya mencoba mengontak support Lenovo Indonesia melalui facebook, tapi saya akui support mereka sangat buruk dibanding brand laptop sebelah (laptop lama saya).
Udahan ah ceritanya, mau tau bagaimana cara mengatasi vga yang tidak terdeteksi? dalam artikel ini saya menggunakan laptop Lenovo G40-45 AMD A8 dengan masalah vga AMD R5 m230 yang tidak terdeteksi.

Bagaimana ciri vga tidak terdeteksi?


  1. Gambar gede gede
  2. Display laptop atau komputer terlihat kasar
  3. Jangankan buat main game berat, main cs aja ngelag
  4. VGA card tidak tertera di GPU-Z

Solusi VGA yang tidak terdeteksi pada laptop dual grafik

1. Pastikan anda sudah menggunakan driver terbaru. Mohon diingat, driver harus sesuai dengan OS dan Bit laptop anda.
2. "VGA tidak terdeteksi di dxdiag?" - dxdiag hanya mampu mendeteksi salah satu vga saja, untuk memastikan apakah vga anda terbaca atau tidak yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan GPU-Z.
3. "VGA tidak terdeteksi di PES?" - sama seperti dxdiag, hanya mampu mendeteksi salah satu vga. Jika kedua vga anda sudah terdeteksi di GPU-Z anda bisa memainkan game PES tersebut dengan mengaktifkan high performance di AMD Cathalyst Control Center atau di Control Panel Nvidia.
4. "VGA tidak terdeteksi di GPU-Z?" - nah ini dia yang akan kita bahas di artikel ini. Silahkan dibaca dibawah ya

Kok VGA laptop ga kedetek di GPU-Z? katanya dual grafik?

Opsi 1: Update driver vga anda. (Pada tutorial ini saya menggunakan laptop Lenovo dengan vga AMD.)

  1. Buka situs resmi dari brand laptop anda, contoh: lenovo.com
  2. Download driver vga terbaru sesuai dengan tipe laptop, OS dan bit anda
  3. Install driver vga terbarunya
  4. Restart
  5. Selesai.
Opsi 2: Install driver vga bawaan laptop
  1. Uninstall terlebih dahulu driver vga anda, atau bisa juga langsung di timpa
  2. Install driver vga bawaan anda
  3. Restart
  4. Selesai

Menggunakan driver terbaru adalah pilihan terbaik, tapi ada sebagian laptop yang dual vganya berfungsi hanya dengan driver bawaan atau khusus untuk laptop itu saja. tentu jika vga tidak terdeteksi anda tidak dapat bermain game dengan performa maksimal dan juga anda akan kehilangan fitur set brightness pada laptop anda. Banyak dari mereka yang bertanya tanya kok vga tidak terdeteksi pada pes 2015 padahal laptopnya dual vga. Sekian tutorial pertama blog ini untuk memperbaiki vga yang tidak terdeteksi pada laptop dual grafik.
Semoga bermanfaat.

40 Responses to "Mengatasi VGA Tidak Terdeteksi pada Laptop Dual Graphic"

  1. sama nih kasusnya gan ,
    saya pake lenovo G40 i3 vganya AMD ����
    yg ke detect cuman intel HD graphicsnya aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah nemu solusinya belum? Masalahnya sama.

      Delete
    2. saya IDEA PAD 500 INTEL CRE I7 AMD RADEON.. itu punya saya mungkin VGA-NYA CUMA BUAT Edit" kali yah haahahah

      Delete
  2. gan laptop lenovo g40-45 agan gradasi gak?
    Mohon jawanan nya gan
    terimakasih

    ReplyDelete
  3. Gan ,, mohon jawabannya ya.. soalnya laptop saya dengan tipe yang sama mengalami gradasi warna. kalo agan tau solusinya , tolong beri tau saya .
    pin BB saya 5f103739.
    terimakasih

    ReplyDelete
  4. ane udah download driver vga versi terbaru tapi masih aha tetap gak bisa

    ReplyDelete
  5. maaf nanya saya punya lenovo ideapad 300, di device manager vga nya sdh ada intel hd 520 dan amd radeon r5, tapi pas dipake game permasalahannya sama yaitu cuma terdetek intel, apa solusi dari masalah saya sama?

    ReplyDelete
  6. maaf nanya saya punya lenovo ideapad 300, di device manager vga nya sdh ada intel hd 520 dan amd radeon r5, tapi pas dipake game permasalahannya sama yaitu cuma terdetek intel, apa solusi dari masalah saya sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak saya gan. Kebetulan tipe laptopnya juga sama hehehe udah bisa?

      Delete
    2. Permasalahan sama dg saya saya gan dan belum bisa sampai skrg. Mohon bantuannya gan

      Delete
    3. Permasalahan sama dg saya saya gan dan belum bisa sampai skrg. Mohon bantuannya gan

      Delete
  7. Gan mau nanya, laptop Toshiba saya keluhan nya sama dengan di atas jadi cara memperbaiki nya gimana ?

    ReplyDelete
  8. Bro bisa mnta tolong gimana caranya buat install ni dual vga? Punya ane lenovo intel i3 sama amd radeon r5 m230 kagak bisa diinstall pake driver pabrik punya saran gak? Thanks

    ReplyDelete
  9. Membantu gan.... Kunbalnya

    www.gamerzkere.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  10. gan setingan high performancenya saya kenapa tdk ada yang?

    ReplyDelete
  11. gan setingan high performancenya saya kenapa tdk ada yang?

    ReplyDelete
  12. gan setingan high performancenya saya kenapa tdk ada yang?

    ReplyDelete
  13. sama gan settingan high perfom gak ada?!

    ReplyDelete
  14. Gan mau tanya di kasus yg sama tapi beda laptopnya..tmpt sya asus x540L vga nvidia geforce 920...gmna ya gan..ini kalo mutar film kurang jelas...dan di pes 2016 gk kedeteksi sama sekali...mhon pencerahanya gan :)

    ReplyDelete
  15. Gan mau tanya di kasus yg sama tapi beda laptopnya..tmpt sya asus x540L vga nvidia geforce 920...gmna ya gan..ini kalo mutar film kurang jelas...dan di pes 2016 gk kedeteksi sama sekali...mhon pencerahanya gan :)

    ReplyDelete
  16. Gan mau tanya di kasus yg sama tapi beda laptopnya..tmpt sya asus x540L vga nvidia geforce 920...gmna ya gan..ini kalo mutar film kurang jelas...dan di pes 2016 gk kedeteksi sama sekali...mhon pencerahanya gan :)

    ReplyDelete
  17. Gan, laptop asus x540l,gimana gan?

    ReplyDelete
  18. gan saya masih belom ke detect gan vga nya yang 1 tetep masih 2.1 gb aja
    www.tripinto.co.id

    ReplyDelete
  19. sama nih kasusnya gan ,
    saya pake lenovo ideapade y470 i7 vganya nvidia 550m
    yg ke detect cuman intel HD graphicsnya aja
    bagaimana gan cara mengatasinya ?

    ReplyDelete
  20. anjoy pantesan jadi rusak dah lama gw paksain pake gpuz intel,gw kira itu udah kedeteksi,karna game gw lancar2aj.tau taunya laptop gw sekarang booting lama banget dan vga nvdianya ga terdeteksama sekali di devicemanager

    ReplyDelete
  21. Mohon bantuanya, laptop saya tipe lenovo g 41 35, vga ga ke detek padahal udah instal vga drive bawaan

    ReplyDelete
  22. waduh ane juga gan, sy pengguna gl553vd yang kebaca cuma intel hd 630 tetapi gtx 1050 nya gak sama sekali

    ReplyDelete
  23. waduh ane juga gan, sy pengguna gl553vd yang kebaca cuma intel hd 630 tetapi gtx 1050 nya gak sama sekali

    ReplyDelete
  24. Semua laptop baru hampir sama kasusnya. Jgan2 nih yg import yg gak brner.. 🤔🤔🤔

    ReplyDelete
  25. Gan bantu dong, ane beli lenovo 320 seri A9 radeon R7 2Gb biar kebaca gimana? Udah di instal sana sini ttp aja gak kebaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. setting high performance pes nya gan

      Delete
    2. klik kanan di desktop-pilih Amd radeon settings-trus pilih preferences-radeon additional settings, terus di set lah pes nya ke high performance

      Delete
  26. gan vga saya r7 m340 jika saya instal vga r7 m440 atau seri tertinggi dari r7. akibatnya apa?

    ReplyDelete
  27. Laptop lenovo G40 gue core i3 kagak ada vga nya, solusinya gimana gan???????

    ReplyDelete
  28. gan mohon bantuannya ,leptop ane lenovo ideapad y500 .. speknya i7 ,nvidia geforce gt 750... maen pubg sama fortnite lancar jaya... tapi maen dota gta v dll lag .. kenapa ya ? udahupdate driver tetep vga intel ga kebaca

    ReplyDelete
  29. Tetep aja ga detek udah install ulang driver windows juga asus n550jk ni pake nvidia nvi 850m

    ReplyDelete
  30. Kalau driver anda AMD, instal AMD catalyst terbaru, kalau masih blm bisa, backup semua file anda, install ulang windowsnya, setelah install Windows selesai dan masih fresh install driver VGAnya dr aplikasi Pabrik, contoh AMD instal AMD catalyst terbaru langsung run. Dijamin pasti terbaca. Trims

    ReplyDelete

wdcfawqafwef